Skip to main content

UJE MENINGGAL: Inilah Kisah Perjalanan Hidup Si Ustad Gaul


Pesan Terakhir Ustadz Jeffry Al BuchoriJAKARTA–Kabar meninggalnya Ustad Jefri Al Buchori Jumat (26/4/2013) dini hari membawa kesedihan mendalam bagi yang mengenalnya, baik secara langsung atau melalui dakwahnya di layar kaca.
Ustad yang akrab disapa Uje ini lahir di Jakarta, 12 April 1973, dan berpulang tadi subuh di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, akibat kecelakan motor besar, hal yang sangat dia suka.
Uje adalah seorang pendakwah atau ustad yang bisa membahasakan dakwah agama Islam itu dalam gaya bahasa anak muda, karena itulah dia juga dikenal sebagai ustad gaul.
Jefri merupakan anak ketiga dari lima bersaudara pasangan almarhum H Ismail Modal dan Ustz Hj Tatu Mulyana, yang mendapat pendidikan agama Islam kuat sejak kecil. Sejak usia dini, dia tampil di gelanggang MTQ tingkat DKI Jaya dan meraih prestasi bagus.
Pendidikan pesantren dia kecap seusai SD, di Pondok Pesantren el-Qolam Gintung, Tangerang. Setamat pesantren ini, dia melanjutkan ke madrasah aliyah, yang justru menjadi arena bagi dia untuk mencari jati diri.
Pada usia ini, Jefri terjerumus kehidupan malam, sering dugem, masuk jauh ke kalangan pemakai narkoba. Setamat kuliah jurusan kepenyiaran, dia makin jadi: bahkan pernah menjadi dancer alias penari.
Dia juga punya bakat berkesenian, senang menjadi pemain pengganti dalam beberapa sinetron. Satu yang terkenal adalah Pendekar Halilintar, dimana dia bahkan meraih predikat Pemeran Terbaik Pria dalam Sepekan Sinetron yang diselenggarakan TVRI pada 1991.
Pemuda penuh petualangan itu akhirnya menemukan pelabuhan hatinya. Dia adalah Pipik Dian Irawati, seorang model gadis sampul majalah Aneka pada 1995 asal Semarang, Jawa Tengah. Yang menyolok, saat itu Uje masih sangat dekat dengan kalangan pemakai narkoba.
Mereka menikah pada 1999 dan memiliki empat anak, Adiba Khanza Az-Zahra, Mohammad Abidzar Al-Ghifari, Ayla Azuhro dan Attaya Bilal Rizkillah. Awal mula dia banting stir menjadi pendakwah dari seorang berlatar kehidupan kelam adalah saat dia diajak berumroh oleh ibu dan kakak kandungnya.
Sepulang dari situ, abang kandungnya, almarhum Abdullah Riyad, menghendaki dia menjadi pendakwah juga. Dari situlah, Jefri mendapat pelabuhan iman sejatinya.
Dia juga menemukan identitasnya dalam berdakwah, walau kalangan yang dia hadapi beraneka, namun anak muda menjadi seperti mendapat contoh nyata, agar jangan sempat menyia-nyiakan waktu seperti yang pernah dia alami.
Bukan cuma dakwah di podium atau pengajian yang dia amalkan, karena dia juga mendakwah melalui lagu-lagu yang Islami, ditandai debut pertamanya, Lahir Kembali, pada 2006. Di antara musisi yang pernah bareng dia menyanyikan lagu-lagu Islami ini adalah Opick dan Ungu, tertuang dalam mini album Ungu bertajuk Para Pencari-Mu (2007).

Comments

  1. video satu jam lebih dekat bersama uje

    http://muhammadsainudinnoor.blogspot.com/2013/05/mengenanguje.html

    ReplyDelete
  2. http://muhammadsainudinnoor.blogspot.com/2013/04/pesan-terakhir-ustadz-jeffry-al-buchori.html

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Melody & Chord Gitar : Wali Band - Yank

Intro : 4.6 3.6 3.6 2.5 2.9 2.7 2.5 2.7 2.5 2.4 2.4 2.5 2.7 2.5 2.4 2.2 2.9 2.7 2.5 2.4 2.5 2.4 2.5 3.6 2.4 2.5 3.6 3.6 2.5 2.9 2.7 2.5 2.7 2.5 2.4 2.7 2.7 2.5 2.4 2.5 2.4 2.5 3.6 2.7 2.5 2.4 2.2 2.0 2.2 F#m C#m yang.....coba kau jujur padaku F#m C#m yang.....foto siapa di dompetmu F#m C#m yang.....kok kamu diam begitu F#m G# sa..yang.. jawab atau aku pergi sayang Reff : C#m aku tak mau bicara B sebelum kau cerita semua F#m apa maumu siapa dirinya G# tak betah bila ada yang lain C#m jangan hubungi aku lagi B ini bisa jadi yang terakhir F#m aku ngerti kamu kau tak ngerti aku G# sekarang atau tak selamanya C#m B A B C#m F#m C#m yang....jangan kira aku tak tahu F#m C#m yang....tak mudah kau bodohiku F#m C#m yang....tolong dengarkanlah aku F#m

Chord & Tab Gitar : Mujhse Dosti Karoge

Chord & Tab Gitar : Mujhse Dosti Karoge - Mujhse Dosti Karoge Intro : e-3-5-6--3-5-6--3-5-3/1------- B------------------------------ G------------------------------ D------------------------------ A------------------------------ E------------------------------ e-1-3-5--1-3-5--1-6-5-3-3----- B------------------------------ G------------------------------ D------------------------------ A------------------------------ E------------------------------ Strum G major Few times..(listen to da song) Strum G, F, and G major few times (listen to da song) song starts.... G.....................................F.... keh do ki tum mere dil mein rahoge F.....................................G.... keh do ki tum mujhse dosti karoge repeat 2X C............G............F..................G.... .. Dekhungi, sochungi, kal parso kuch kahungi

Laporan Praktikum Fisika : Kapilaritas

LEMBARAN PENGESAHAN LAPORAN FISIKA D ASAR SLTA Nama              : Muhammad Sainudin Noor Kelas               : XI IPA 2                                                 Judul               : Kapilaritas  ( Eksperimen Terhadap Tisu dan Kertas HVS ) Guru Mata Pelajaran EVI SUSANTI, S.P d NIP :  19751009 200212 2 005 Asisten I ANIKA RAHMI, F.S . P d Asisten II MUHAMMAD ARIPIN, C.S.P d    NIM : 1105035097      NIM : 1105025073 PERCOBAAN VI KAPILARITAS A.       TUJUAN 1.       untuk mempelajari konsep kapilaritas dan penerapannya dalam kehidupan. B.       DASAR TEORI peristiwa naik atau turunnya permukaan zat cair pada pipa kapiler, seperti yang diperlihatkan pada   Gambar 1 . 0  Pada gambar tersebut, diameter dalam pipa kapiler dari kiri ke kanan sema