Skip to main content

Khasiat Al-Qadr

semoga di pagi yang cerah ini kita semua diberikan kesehatan oleh Allah Swt. dan kita selalu berada dalam lindungan dan rahmat
Allah Swt. Selamat dari kejahatan dan kemaksiatan.
Dan semoga kebaikan yang kita lakukan mendapat ridho Allah Swt. Dan semoga Allah Swt selalu menjaga iman dan islam kita dari godaan syetan yang terkutuk. Amiin.

Alhamdulillah berkat rahmat dan ridho Allah Swt. saya bisa memposting tentang Khasiat Surat AL-QADR

Surat Al-Qadr
Surat Al-Qadr terdiri atas 5 ayat, termasuk golongan surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat 'Abasa.
Surat ini dinamai "Al-Qadr" (kemuliaan), diambil dari perkataan "Al-Qadr" yang terdapat pada ayat pertama surat ini.
Pada surat ini diterangkan bahwa permulaan Al-Qur'an diturunkan ialah pada malam lailatul Qadr dan diterangkan juga ketinggian malam lailatul Qadr itu.

Keutamaan Surat Al-Qadr
Mengenai keutamaanya banyak sekali sebagaimana yang telah dikatakan oleh imam Ahmad bin Musa ketika beliau dimintai oleh seorang yang selalu dalam kesempitan rezeki. Maka beliau mengatakan agar diperbanyak membaca surat Al-Qadr.

Diantara keutamaan yang lain ialah:
1. Untuk menghilangkan kesempitan rezeki
Caranya: Perbanyaklah membaca surat Al-Qadr. Ulangi berkali-kali kapan saja dan dimana saja. Pusatkan pikiran pada waktu membaca untuk menghadap kepada Allah agar dengan berkah surat Al-Qadr itu semua kesempitan dapat sirna dengan izin-Nya. Bacalah surat Al-Qadr dalam keaadaan suci agar lebih mendekatkan diri kepada Allah. Setelah cukup banyak membaca (menurut kemampuan sendiri), lalu bacalah do'a di bawah ini:

اللهم يامن هويكتفي عن جميع خلقه ولايكتفي عنه احدمن خلقه يااحدمن لااحدله انقطع الرجاءالامنك وخابت الأمال الافيك وسدت الطرق الااليك ياغياث المستغيثين اغثني.‏‎

"Allahumma yaa man huwa yaktafii 'an jamii'i khalqihi wa laa yaktafii 'anhu ahadun min khalqihi. Yaa ahada man laa ahada lahu inqatha'ar rajaau illaa minka, wa khaabatil aamaalu illaa fiika wa saddatit thuruqu illaa ilaika. Ya ghayyaatsul mustaghitsiin aghitsnii" (Bacalah "aghitsnii" sampai 7 kali).

Artinya:
"Ya Allah, wahai Zat yang cukup (tidak membutuhkan) dari semua makhluk-Nya, dan tidak cukup (sangat membutuhkan) dari pada-Nya seseorang dari makhluk-Nya. Wahai Zat yang Maha Esa, yang tidak ada seorang pun menyamai ke-Esaan-Nya. Terputuslah semua pengharapan kecuali darimu, dan rugilah semua angan-angan kecuali kepada-Mu dan menjadi tersumbat semua jalan kecuali kepada-Mu. Wahai Zat yang Maha penolong kepada orang-orang yang minta tolong, tologlah aku"

2. Untuk mendatangkan semua yang dihajati
caranya: Bacalah surat Al-Qadr 41 kali kemudian bacalah do'a seperti di atas 41 kali juga. Setelah semuanya selesai, maka utarakanlah hajat yang dikehendaki kepada Allah. Mintalah kepada-Nya dengan kesungguhan hati. Insya Allah, tuhan akan mengbulkaan hajatnya.

3. Untuk keteguhan iman
Caranya: setiap hari jum'at bacalah surat Al-Qadr 1.000 kali. Dengan mengamalkan seperti ini setiap hari jum'at, maka iman kita selalu dijaga oleh Allah, tidak mudah luntur oleh berbagai cobaan. Orang yang mengamalkan ini terus-menerus, maka dia tidak akan mati sebelum bermimpi bertemu dengan Rasulullah Saw.

4. Selalu lapang dalam mata penceharian sehari-hari
Caranya: Bacalah surat Al-Qadr 36 kali pada segelas air. Lalu percikan air itu pada baju atau pakaian lainya yang suci atau pakaian yang baru. maka berkah bacaan itu insya Allah mata penceharian sehari-hari akan terjamin, lancar dan membawa berkah, selama pakaian tadi masih ada padanya (belum rusak).

5. Mayat tidak akan disiksa dalam kubur
Caranya: Menurut riwayat dari Rasulullah Saw. Beliau bersabda: "Barangsiapa yang mengambil segenggam tanah pekuburan sewaktu mayat dikubur dan ia bacakan surat Al-Qadr atasnya 7 kali, kemudian ia sertakan segenggam tanah itu dengan mayat pada kain kafannya atau di dalam liang kuburanya, maka mayat itu tidak akan disiksa di dalam kubur."

Keterangan:
Demikianlah di antara khasiat surat Al-Qadr, di mana di dalam ayat itu diterangkan bahwa Al-Qur'an mulai diturunkan pada malam Lailatul Qadr yaitu malam kemuliaan yang nilainya lebih mulia dari seribu bulan. Pada malam Lailatul Qadr itulah Malaikat Jibril turun ke dunia untuk mengatur segala urusan.
Bagi mereka yang ingin mengamalkan bacaan surat Al-Qadr, maka amalkanlah dengan kesubian hati dan badan. Dengan demikian do'a yang kita panjatkan kepada Allah lekas dikabulkan. Dan jangan lupa mulailah berdo'a dengan membaca Basmalah, hamdalah dan membaca shalawat kepada Nabi Muhamma Saw.

Demikian postingan kali ini,
Semoga artikel yang singkat ini bisa bermanfaat dan dapat menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Swt.
Mohon ma'af bila ada kata yang kurang berkenan.

Terima kasih,
Wassalamu'alaikum wr.wb.

Comments

Popular posts from this blog

Melody & Chord Gitar : Wali Band - Yank

Intro : 4.6 3.6 3.6 2.5 2.9 2.7 2.5 2.7 2.5 2.4 2.4 2.5 2.7 2.5 2.4 2.2 2.9 2.7 2.5 2.4 2.5 2.4 2.5 3.6 2.4 2.5 3.6 3.6 2.5 2.9 2.7 2.5 2.7 2.5 2.4 2.7 2.7 2.5 2.4 2.5 2.4 2.5 3.6 2.7 2.5 2.4 2.2 2.0 2.2 F#m C#m yang.....coba kau jujur padaku F#m C#m yang.....foto siapa di dompetmu F#m C#m yang.....kok kamu diam begitu F#m G# sa..yang.. jawab atau aku pergi sayang Reff : C#m aku tak mau bicara B sebelum kau cerita semua F#m apa maumu siapa dirinya G# tak betah bila ada yang lain C#m jangan hubungi aku lagi B ini bisa jadi yang terakhir F#m aku ngerti kamu kau tak ngerti aku G# sekarang atau tak selamanya C#m B A B C#m F#m C#m yang....jangan kira aku tak tahu F#m C#m yang....tak mudah kau bodohiku F#m C#m yang....tolong dengarkanlah aku F#m

Chord & Tab Gitar : Mujhse Dosti Karoge

Chord & Tab Gitar : Mujhse Dosti Karoge - Mujhse Dosti Karoge Intro : e-3-5-6--3-5-6--3-5-3/1------- B------------------------------ G------------------------------ D------------------------------ A------------------------------ E------------------------------ e-1-3-5--1-3-5--1-6-5-3-3----- B------------------------------ G------------------------------ D------------------------------ A------------------------------ E------------------------------ Strum G major Few times..(listen to da song) Strum G, F, and G major few times (listen to da song) song starts.... G.....................................F.... keh do ki tum mere dil mein rahoge F.....................................G.... keh do ki tum mujhse dosti karoge repeat 2X C............G............F..................G.... .. Dekhungi, sochungi, kal parso kuch kahungi

Download lagu Maher Zain ( lengkap )

Songs Song Name Duration Listen Send Download Allah Allah Kiya Karo 5:14 Always Be There 4:27 Awaken 3:43 Baraka Allah Lakuma 4:30 For The Rest Of My Life tefahits 3:54 Hold My Hand 4:06 Inshallah 4:27 Open Your Eyes 4:27 Palestine Will Be Free 4:56 Subhana Allah 4:55 Thank You Allah 5:31 Thank You Allah _ Remix 5:28 The Chosen One 3:54 Ya Nabi Salam Alayka 4:59 Ya Nabi _ Remix 4:59 Song Name Duration Listen Send Download Assalamu Alayka 4:14 Assalamu Alayka - Arabic Version 4:15 Forgive Me 3:52 Freedom 3:42 Guide Me All The Way 5:02 I Love You So 4:36 Masha Allah 3:60 Mawlaya 4:52 Mawlaya - Arabic Version 4:54 Muhammad (pbuh) 4:38 My Little Girl 4:33 Number One For