Skip to main content

PARAMETER SEBUAH KEJUJURAN (AMANAH)


Saudaraku..
Suatu hari seseorang pernah memberi kesaksian di hadapan Umar bin Khattab ra seraya berkata, “Sesungguhnya si Fulan itu adalah seorang yang jujur.”
Umar berkata, “Apakah engkau pernah menemaninya dalam sebuah perjalanan?.”
Ia berkata, “Belum.”
“Apakah engkau pernah berinteraksi dengannya dalam masalah keuangan?.” Kata Umar selanjutnya.
Ia menjawab, “Belum.”
“Apakah engkau pernah memberi kepercayaan (amanah) kepadanya?.” Kata Umar.
Ia menjawab, “Belum.”
Umar menyimpulkan, “Berarti (sejatinya) engkau belum mengenalnya. Barangkali penilaianmu ini berdasarkan pada kebiasaannya ruku’ dan sujud di masjid.”
(Mawa’izh as shahabah, Shalih Ahmad al Syami).
Saudaraku..
Dari dialog antara Amirul mukminin; Umar bin Khattab ra dan salah seorang dari rakyatnya ini dapat kita petik beberapa hikmah dan pelajaran. Yang dapat kita jadikan lentera dalam hidup kita. Di antaranya:
• Hendaknya seorang pemimpin atau pemilik kekuasaan atau wakil rakyat menjaga kedekatan dan hubungan yang mesra dan harmonis dengan rakyat dan masyarakatnya. Tidak menjaga jarak, apalagi menjauhi rakyatnya. Juga tidak merapat dan memihak kepada lapisan tertentu dan menjauhi serta menohok lapisan masyarakat yang lain. Karena seluruhnya menjadi tanggung jawabnya di hadapan Allah swt kelak.
• Di antara bukti pemimpin yang adil dan amanah adalah ia tidak memilih wakil, pegawai dan bawahannya, melainkan orang-orang yang jujur dan amanah pula. Walaupun sebelumnya mereka tidak dikenal publik dan tidak memiliki pengikut atau fans yang memadai.
• Sering kali kita menilai keshalihan seseorang dan mengukur sebuah amanah dan kejujurannya dari tampilan luar semata. Mungkin kita melihatnya rajin shalat, khusyu’ dalam berdo’a, menghidupkan shalat-shalat sunnah di masjid dan yang senada dengan itu. Padahal itu semua terkait dengan yang di Atas. Sejatinya, nilai amanah dan kejujuran itu diukur dari interaksi kita dan kelurusan muamalah kita dengan yang di bawah. Di atas bumi. Yakni, manusia di sekitar kita.
• Dalam safar (perjalanan) akan tampak watak dasar dan kepribadian asli kita. Apakah kita tipe orang yang egois, penyabar, suka melayani yang lain, dan sifat-sifat lainnya. Artinya putih atau hitamnya jejak kita, terlihat ketika kita berada dalam perjalanan. Jika kita berkunjung ke wilayah timur India, tepatnya di West Bengal. Kita temukan di kaca depan bis (depan supir) di sana tertulis satu ungkapan “Khuluquka ta’arufuk” yang artinya akhlakmu adalah identitasmu. Maksudnya keberadaan kita di bis hanya beberapa menit atau beberapa jam saja. Tapi jika kita mampu menampilkan kepribadian yang memikat, maka kita akan dikenang oleh orang lain. Sebaliknya budi pekerti yang tercela dalam bergaul dengan orang lain, akan melahirkan jejak-jejak keburukan pula.
• Pengalaman hidup mengajari kita, bahwa banyak orang yang prestasi ibadahnya di hadapan manusia sangat mengagumkan. Tapi dalam interaksi harta, tidak sedikit meninggalkan catatan buruk di hati banyak orang. Misalnya; meremehkan persoalan hutang. Bahkan sebagiannya terkesan, tidak mau melunasi hutang-hutangnya dan cuek bebek dengan tanggungan-tanggungannya terhadap orang lain. Padahal dalam do’a pagi dan petang, Nabi saw menyandingkan hutang dengan penjajahan, “wa audzubika min ghalabatin daini wa qahrir rijal” (aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan dominasi orang lain). Artinya hutang sama saja dengan penjajahan. Orang yang rela dirinya terkungkung dalam hutangnya, berarti ia rela berada dalam jajahan orang lain. Terlebih hutang yang tak terbayarkan sampai kita menghadap Allah swt, maka ia akan menjadi penghalang bagi kita masuk ke dalam surga. Nabi menegaskan, “Orang yang mati syahid akan terampuni seluruh dosanya terkecuali hutang, hingga ia dibayarkan.” HR. Ahmad.
• Pemandangan umum yang sering kita saksikan pula bahwa banyak titipan yang disia-siakan dan tidak sedikit amanah yang diabaikan. Jika amanah itu berupa barang dan harta benda, maka ia akan berkurang. Karena orang yang diberi amanah akan memanfaatkan titipan tersebut semaksimal mungkin. Kalau tidak kita katakan, melampaui batas kewajaran. Sebaliknya, jika amanah itu berupa ucapan. Atau titipan omongan. Maka yang diberi amanah juga melebarkan dan mengembangkan amanah tersebut sehingga menjadi issu besar dan menghebohkan.
• Jadi nilai sebuah amanah atau makna kejujuran, diukur dari seberapa besar kita mampu menjaga identitas kita dalam sebuah perjalanan atau safar. Keamanahan kita dalam berinteraksi harta dan kelurusan kita dalam menjaga barang titipan orang lain yang dipercayakan kepada kita.
Saudaraku..
Sudahkah kita tergolong orang-orang yang amanah dan jujur? Semoga demikian adanya. Amien. Wallahu a’lam bishawab.

Comments

Popular posts from this blog

Melody & Chord Gitar : Wali Band - Yank

Intro : 4.6 3.6 3.6 2.5 2.9 2.7 2.5 2.7 2.5 2.4 2.4 2.5 2.7 2.5 2.4 2.2 2.9 2.7 2.5 2.4 2.5 2.4 2.5 3.6 2.4 2.5 3.6 3.6 2.5 2.9 2.7 2.5 2.7 2.5 2.4 2.7 2.7 2.5 2.4 2.5 2.4 2.5 3.6 2.7 2.5 2.4 2.2 2.0 2.2 F#m C#m yang.....coba kau jujur padaku F#m C#m yang.....foto siapa di dompetmu F#m C#m yang.....kok kamu diam begitu F#m G# sa..yang.. jawab atau aku pergi sayang Reff : C#m aku tak mau bicara B sebelum kau cerita semua F#m apa maumu siapa dirinya G# tak betah bila ada yang lain C#m jangan hubungi aku lagi B ini bisa jadi yang terakhir F#m aku ngerti kamu kau tak ngerti aku G# sekarang atau tak selamanya C#m B A B C#m F#m C#m yang....jangan kira aku tak tahu F#m C#m yang....tak mudah kau bodohiku F#m C#m yang....tolong dengarkanlah aku F#m

Chord & Tab Gitar : Mujhse Dosti Karoge

Chord & Tab Gitar : Mujhse Dosti Karoge - Mujhse Dosti Karoge Intro : e-3-5-6--3-5-6--3-5-3/1------- B------------------------------ G------------------------------ D------------------------------ A------------------------------ E------------------------------ e-1-3-5--1-3-5--1-6-5-3-3----- B------------------------------ G------------------------------ D------------------------------ A------------------------------ E------------------------------ Strum G major Few times..(listen to da song) Strum G, F, and G major few times (listen to da song) song starts.... G.....................................F.... keh do ki tum mere dil mein rahoge F.....................................G.... keh do ki tum mujhse dosti karoge repeat 2X C............G............F..................G.... .. Dekhungi, sochungi, kal parso kuch kahungi

Download lagu Maher Zain ( lengkap )

Songs Song Name Duration Listen Send Download Allah Allah Kiya Karo 5:14 Always Be There 4:27 Awaken 3:43 Baraka Allah Lakuma 4:30 For The Rest Of My Life tefahits 3:54 Hold My Hand 4:06 Inshallah 4:27 Open Your Eyes 4:27 Palestine Will Be Free 4:56 Subhana Allah 4:55 Thank You Allah 5:31 Thank You Allah _ Remix 5:28 The Chosen One 3:54 Ya Nabi Salam Alayka 4:59 Ya Nabi _ Remix 4:59 Song Name Duration Listen Send Download Assalamu Alayka 4:14 Assalamu Alayka - Arabic Version 4:15 Forgive Me 3:52 Freedom 3:42 Guide Me All The Way 5:02 I Love You So 4:36 Masha Allah 3:60 Mawlaya 4:52 Mawlaya - Arabic Version 4:54 Muhammad (pbuh) 4:38 My Little Girl 4:33 Number One For