Skip to main content

Film "12 menit : kemenangan untuk selamanya"

Kisah dalam cerita ini adalah ungkapan hati untuk membuat pilihan.... Pilihan yang membahagiakan, pilihan yang memberi kemenangan untuk selamanya.

KEBERHASILAN bagi setiap orang sangat berbeda ukurannya. Persamaanya hanya satu yaitu, ketika seseorang mencapai keberhasilan dia akan merasa bahagia dan puas karena apa yang dikerjakan membuahkan hasil. Demikian yang terjadi dengan tiga anak muda Elaine (Amanda Sutanto), Lahang (Hudri) dan Tara (Arum Sekarwangi). Ketiganya berasal dari latar belakang yang
sangat berbeda tetapi memimpikan sesuatu yang sama. Sama-sama ingin mendapat pengakuan dan mencapai impian sesuai ukuran mereka masing-masing.

Lahang misalnya, seorang remaja keturuan dayak yang sepanjang hidupnya tinggal bersama ayahnya. Mereka hidup dalam adat dayak yang sangat kental. Semua perilaku kehidupan mereka harus berdasarkan adat Dayak. Bahkan ketika ayahnya kemudian sakit parahpun tetap berobat dengan cara adat. Kendati demikian Lahang memiliki angan-angan meraih mimpinya yaitu pergi ke Jakarta dan melihat puncak monas. Apa yang diinginkan seperti mimpi almarhum ibunya yang ingin pergi ke Jakarta tetapi tidak terlaksana karena maut menjemput.

Berbeda dengan Tara, gadis manis yang mengalami masalah pendengaran. Gadis ini kehilangan pendengaran bersamaan dengan kehilangan ayahnya dalam sebuah kecelakaan mobil. Akibat kecelakaan tersebut, ia juga harus kehilangan ibunya karena sang ibu untuk mengembalikan kembali semangat hidupnya ia bersekolah ke Inggris dan menitipkan Tara di rumah oma dan opanya. Tara merasa dibuang oleh ibunya dan sekaligus menjadi penyebab kematian ayahnya. Kendati demikian ia mempunyai mimpi untuk membuat ibunya bangga pada dirinya dan menjadikan dirinya orang yan berarti buat ibunya.

Dari dua kisah anak manusia ini. Elaine sebenarnya memiliki keluarga yang masih lengkap. Hanya saja ayahnya sangat keras dan mendahulukan semuanya atas kepentingannya sendiri. Bukan kepentingan anaknya. Elaine harus mengikuti semua kemauan ayahnya termasuk harus mengikuti ayahnya bertugas di Bontang, sebuah kota kecil di Kalimantan Timur sebagai tenaga ahli kimia di sebuah perusahaan nasional. Elaine yang kesepian berusaha mengembalikan semangatnya dan berusaha membuktikan pada ayahnya bahwa ia mampu untuk selalu menjadi juara di sekolah tetapi dapat mengejar mimpinya sendiri. Sampai pada suatu saat dimana dia harus memutuskan untuk mengikuti mimpinya atau terpaksa mengikuti kehendak ayahnya.

Ketiganya bertemu dalam satu grup marching besar yang sedang giat-giatnya berlatih untuk mengikuti kejuaraan nasional di Jakarta di bawah pimpinan Rene (Titi Rajo Bintang) yang sangat disiplin, non toleran dan keras terhadap anak didiknya di marching band. Tiga pribadi yang berbeda dengan permasalahan berbeda pula digembleng oleh Rene, untuk memenuhi ego Rene yang juga ingin memenangi grand prix marching band tingkat nasional. Perjalanan ketiga anak manusia ini dan juga kisah Rene dibesut dengan ciamik oleh sutradari Hanny R. Saputra dalam film “12 Menit”.

Kisah mereka sangat mengharu biru dan puncaknya adalah ketika masing-masing remaja harus memutuskan mana yang terbaik untuk meraih mimpinya. Tara akhirnya berani menghadapi kenyataan bahwa ia bukanlah anak buangan dan ia mampu memberikan yang terbaik untuk dirinya sendiri bukan ibunya. Sedangkan Elaine berani menentang ayahnya untuk menunjukkan bahwa ia mampu dan memilih yang benar dengan ikut marching band.

Sementara Lahang, ia harus memutuskan hal paling berat yaitu meneruskan lomba untuk menjadi pemenang dan tidak pulang untuk melihat ayahnya yang meregang nyawa. Menang menaklukkan dirinya dan membuktikan pada ayah dan ibunya bahwa sebagai anak daerah, Lahang mampu bersaing dengan orang-orang dari kota besar.

12 Menit merupakan film yang diangkat dari kisah nyata tentang kehidupan anak-anak marching band di kota Bontang. Mereka berjuang dengan latihan keras selama ribuan jam untuk tampil hanya 12 menit saja di kejuaraan tingkat nasional. Jerih payah mereka selama ribuan jam berbuah manis dan menghilangkan dahaga mereka semua akan keberhasilan bersama. Keberhasilan tim yang saling mendukung dan menyemangati. Sebuah film yang menterjemahkan bahwa kerja keras dan ketekunan seperti apapun akan berbuah manis.
(***)


Simak Informasi Film nya :
Tanggal Tayang : 29 Januari 2014
Jenis : Drama
Genre : Remaja
Durasi : 108 menit
Producer : Cindy Sutedja, Regina Septapi
Produksi : Big Pictures Production, Cinevisi
Sutradara : Hanny R. Saputra
Penulis Skenario : Oka Aurora
Homepage : www.12menithemovie.com

Comments

Popular posts from this blog

Melody & Chord Gitar : Wali Band - Yank

Intro : 4.6 3.6 3.6 2.5 2.9 2.7 2.5 2.7 2.5 2.4 2.4 2.5 2.7 2.5 2.4 2.2 2.9 2.7 2.5 2.4 2.5 2.4 2.5 3.6 2.4 2.5 3.6 3.6 2.5 2.9 2.7 2.5 2.7 2.5 2.4 2.7 2.7 2.5 2.4 2.5 2.4 2.5 3.6 2.7 2.5 2.4 2.2 2.0 2.2 F#m C#m yang.....coba kau jujur padaku F#m C#m yang.....foto siapa di dompetmu F#m C#m yang.....kok kamu diam begitu F#m G# sa..yang.. jawab atau aku pergi sayang Reff : C#m aku tak mau bicara B sebelum kau cerita semua F#m apa maumu siapa dirinya G# tak betah bila ada yang lain C#m jangan hubungi aku lagi B ini bisa jadi yang terakhir F#m aku ngerti kamu kau tak ngerti aku G# sekarang atau tak selamanya C#m B A B C#m F#m C#m yang....jangan kira aku tak tahu F#m C#m yang....tak mudah kau bodohiku F#m C#m yang....tolong dengarkanlah aku F#m

Chord & Tab Gitar : Mujhse Dosti Karoge

Chord & Tab Gitar : Mujhse Dosti Karoge - Mujhse Dosti Karoge Intro : e-3-5-6--3-5-6--3-5-3/1------- B------------------------------ G------------------------------ D------------------------------ A------------------------------ E------------------------------ e-1-3-5--1-3-5--1-6-5-3-3----- B------------------------------ G------------------------------ D------------------------------ A------------------------------ E------------------------------ Strum G major Few times..(listen to da song) Strum G, F, and G major few times (listen to da song) song starts.... G.....................................F.... keh do ki tum mere dil mein rahoge F.....................................G.... keh do ki tum mujhse dosti karoge repeat 2X C............G............F..................G.... .. Dekhungi, sochungi, kal parso kuch kahungi

Laporan Praktikum Fisika : Kapilaritas

LEMBARAN PENGESAHAN LAPORAN FISIKA D ASAR SLTA Nama              : Muhammad Sainudin Noor Kelas               : XI IPA 2                                                 Judul               : Kapilaritas  ( Eksperimen Terhadap Tisu dan Kertas HVS ) Guru Mata Pelajaran EVI SUSANTI, S.P d NIP :  19751009 200212 2 005 Asisten I ANIKA RAHMI, F.S . P d Asisten II MUHAMMAD ARIPIN, C.S.P d    NIM : 1105035097      NIM : 1105025073 PERCOBAAN VI KAPILARITAS A.       TUJUAN 1.       untuk mempelajari konsep kapilaritas dan penerapannya dalam kehidupan. B.       DASAR TEORI peristiwa naik atau turunnya permukaan zat cair pada pipa kapiler, seperti yang diperlihatkan pada   Gambar 1 . 0  Pada gambar tersebut, diameter dalam pipa kapiler dari kiri ke kanan sema