Skip to main content

Makalah Home Industry Pabrik Roti - Pengantar Bisnis

Bab I
Pendahuluan



A.    Latar Belakang
Dalam kegiatan HOME INDUSTRY yang kami lakukan sebulan yang lalu, sungguh menjadi pegalaman yang sangat luar biasa bagi kami, HOME INDUSTRY membuat kami tau akan bagaimana cara praktek langsung di lapangan umum atau terjun ke lingkungan usaha masyarakat banyak. Dalam kegiatan ini dapat melatih kami untuk selalu berusaha, untuk tidak pernah putus asa dalam melakukan sesuatu hal.




B.     Tujuan Pelaksanaan
Tujuan pelaksnaaan dalam kegiatan HOME INDUSTRY ini mungkin bertujuan untuk melatih siswa/siswi khususnya di bidang Akuntansi untuk mengetahui bagaimana kondisi secara langsung di lapangan atau di tengah-tengah masyarakat banyak dalam memulai suatu usaha yang mungkin bisa atau patut kita tiru nantinya di masa yang akan datang.















Bab II
Pembahasan

1.      Sejarah Berdirinya Usaha
Kali ini kami akan melaporkan tentang hasil tugas HOME INDUSTRY kami yaitu Usaha Pabrik Roti yang terletak di Harapan Baru.
Pabrik roti ini didirikan oleh Bapak Sarjo usia 48 tahun, beliau membuka usaha ini sudah kira-kira kurang lebih 6 tahun yang  lalu, yaitu pada tahun 2008 silam. Beliau memulai usaha ini dengan modal yang tidak sedikit, beliau memulai usaha ini dengan uang hasil PHK nya ketika bekerja di Perusahaan Sumalindo yang pada saat itu sedang dalam keadaan Gulung Tikar. Karena uang tersebut masih tidak mencukupi untuk membuka suatu usaha, beliau pun akhirnya mencari pekerjaan dan mendapatkan pekerjaan di tempat pembuatan roti, selama beberapa tahun bekerja di sebuah pembuatan roti, akhirnys beliau memutuskan untuk membuka usaha sendiri yaitu dengan mencoba membuat beberapa roti selama 5 tahun, ketika uang untuk modal usahanya terpenuhi akhirnya beliau membuka suatu usaha Roti dengan Modal Rp 30.000.000; dari modal tersebut beliau pun memulai usahanya, beliau memiliki 13 karyawan yang lebih dulu di bina atau di private kan untuk belajar membuat roti di sebuah hotel di Samarinda.

2.      Organisasi yang terkait
Dalam usaha ini Bapak Sarjo bekerjasama dengan Toko-Toko yang ada di Samarinda, Beliau juga bekerja sama dengan Kerambak ikan dan pengusaha dari Tenggarong, tetapi usahanya ini beliau belum bisa membuka cabang karena terkadang penjualan Roti ini bisa mengalami Pasang Surut di pemasaran.

3.      Produksi
a.      Bahan-Bahan Pembuatan Roti
Bahan-bahan dari pembuatan roti ini antara lain :
-          Tepung                                     - Bumbu-bumbu pendukung lainnya.
-          Gula
-          Mentega
-          Susu Coklat
-          Susu Putih
-          Telur
-          Air
b.      Proses pembuatan Roti
Proses pembuatan Roti antara lain sebagai berikut :
1.      Masukan tepung sesuai dengan yang di perlukan, kemudian masukan gula secukupnya ke dalam mixer yang telah disediakan.
2.      Setelah menunggu beberapa menit, giling-giling lah roti sesuai pesanan yang diminta
3.      Setelah penggilingan dan pembentukan roti telah selesai, kemudian roti yang telah di cetak atau dibentuk di letakkan di tempat rak-rak roti yang telah disediakan.
4.      Dalam 1 loyang biasanya roti berisi 18 bagi ukuran yang kecil, berisi 28 untuk ukuran roti yang sedang, dan berisi 10 untuk roti yang berukuran besar.
5.      Ketika roti di letakkan ke dalam Loyang, diamkan roti selama 2-4 jam karena dalam masa pengembangan.
6.      Ketika roti udah mengembang, kemudian masukan roti ke dalam oven selama beberapa menit.
7.      Ketika roti yang di dalam oven tadi sudah matang, kemudian letakkan dulu roti ke meja-meja yang sudah disiapkan untuk proses pendinginan.
8.      Ketika roti yang di dinginkan tadi sudah benar-benar dingin barulah roti siap untuk di kemas.

c.       Isi/ Rasa Roti
Di dalam roti ini terkandung beberapa rasa, yaitu :
-          Pandan
-          Mocca
-          Nanas
-          Strobery
-          Coklat Keju

d.      Banyaknya pembuatan Roti & Harga Roti
Banyaknya pembuatan roti ini tergantung dari pesanan konsumen, pabrik roti yang di kelola ini setiap hari memproduksi roti, jika pesanan banyak perhari mereka bisa membuat roti sebanyak 4000 roti, dan dilakukan dari pagi sampai rotinyya selesai di kemas, karena pekerja-pekerja ini tidak bisa mematok waktu terlihat dengan pesanan yang sangat banyak, oleh karena itu mereka mengerjakannya sampai semua roti terbungkus rapi.
Harga roti yang di patok dalam usaha ini beragam, dari harga Rp 1.000; Rp 2000; sampai dengan harga Rp 5.000; per roti.


e.       Keuntungan Yang Di Raih
Dari penjualan roti ini pekerja pabrik roti bisa mendapatkan keuntungan kurang lebih Rp 800.000; sampai Rp 900.000; perharinya. Dan untuk keuntungan per tahunnya mereka dapat menghasilkan kira-kira 12 juta per tahun.

f.        Kerugian Yang Di Raih
Dari penjualan roti ini tidak selamanya akan mendapatkan keuntungan terus menerus, biasanya kerugian di taksir kurang lebih Rp 600.000;-Rp 700.000; tahunnya

g.      Biaya Produksi
Dalam pembuatan roti, pasti ada biaya produksinya, setiap harinya untuk membeli bahan-bahan roti saja bisa menghabiskan kurang lebih Rp 1.000.000; dari mulai membeli tepung, gula, mentega, susu, dan membeli bumbu-bumbu isi untuk rotinya.

h.      Penyebab Kerugian
Penyebab kerugian penjualan roti ini dapat di sebabkan oleh :
-          Musim Buah-buahan
-          Daya Minat Konsumen Menurun
-          Musimnya Libur Sekolah

i.        Masa Kadaluarsa
Karena yang diproduksi adalah makanan pasti akan mengalami yang nama masa kadaluarsa, biasanya masa kadaluarsa roti ini berkisar 7-10 hari.
Untuk roti yang kada luarsa biasanya pemilik usaha ini bekerja sama debgan kerambak ikan, jadi roti yang sudah masa waktunyya habis bisa di perjualbelikan kembali kepada kerambak ikan untuk makan ikan-ikannya .

j.        Roti yang Tidak Laku
Terkadang jika roti yang dipasarkan di kurangi peminat maka biasanya roti itu akan kembali ke pabrik pengolahan, untuk menghindari yang namanya mubazir biasanya pemilik perusahaan ini mengakalinya dengan membuat roti-roti yang kurang laris di pasaran ini dengan membuatnya menjadi roti kering, dan kemudian di pasarka kembali.






4.      Pemasaran
Ketika roti yang telah di kemas itu sudah siap di pasarkan di masyarakat maka perusahaan pabrik ini mempunyai langganan yang selalu menerima roti tersebut, biasanya roti ini di kirim ke berbagai daerah yang ada di Samrinda, Antara lain :
-          Bontang
-          Sebulu
-          Somae
-          Sebakungan
-          Balikpapan
-          Muarapahu
Jasa pengiriman yang digunakan tidak menggunakan jasa karyawan, tetapi roti-roti ini dikirim langsung oleh pemilik perusahaan dengan menggunakan mobil dengan menempuh perjalanan kurang lebih sampai 2 hari untuk mencapai 6 kota tersebut.
Selain di kota itu, mereka juga mengirimkan roti-roti mereka keberbagai macam kantor, pasar dan sekolah-sekolah terutama SMA PLUS Melati.
Keuntungan yang di raih dari hasil menjual roti ini saja pemilik usaha ini dapat menghasilkan sebuah Rumah yang cukup besar, dapat membeli 2 mobil yakni 1 mobil pribadi dan 1nya lagi mobil untuk usaha, dan dapat menyekolahkan anak-ankanya hingga ke bangku perkuliahaan.











Bab III
Penutup

A. Kesimpulan
Pabrik roti ini berdiri sejak tahun 2008, yang setiap harinya memproduksi roti sebanyak 4000 roti dan memiliki 13 karyawan, dan keuntungan per harinya dapat mencapai Rp 800.000; sampai Rp 900.000; perhari nya, dan keuntungan kurang lebih 12 Juta pertahunnya. Pemasarannya 15% untuk koperasi dan sekolah-sekolah, sisanya di pasarkan ke warung-warung. Hasil dari penjual roti pemilik dapat membeli sebuah rumah, 2 mobi dan dapat menyekolahkan anaknya hingga bangku perkuliahan.

B. Saran 

Mencari sebuah usaha itu sungguh sangat sulit, kami saja mendapatkan sebuah produksi ini saja membutuhkan pengorbanan yang sangat luar biasa, yang awalnya kita di tolak 15 toko sekaligus, sampai-sampai kita ber 5 merasa putus asa, ketika mendapatkan 1 temapt untuk Home Industry, tetapi pemiliknya tidak mau membagi atau di wawancarai. Tetapi berkat kerja keras kita ber 5 akhirnya kita mendapatkan sebuah pabrik roti yang pemiliknya sungguh-sungguh baik dan berpengalaman, sehingga kerja keras kita ber 5 tidak sia-sia, dan kami menyadari betapa susahnya orang-orang di luar sana yang mencari pekerjaan, maka hargai lah orang-orang di sekeliling mu, dan jangan lahkamu berputus asa dalam mencoba atau melakukan sesuatu, kmita kamu jatuh, maka bangun lah kembali, dan yakin lah Allah akan selalu memberikan jalan untuk Hamba-hambanya, kita ber 5 bepikir mungkin hari itu allah memberikan cobaan kepada kita agar kita tidak semena-mena kepada orang lain, tidak pernah meremehkan pekerjaan orang lain, tetapi selepas itu, allah memberikan nikmat yang tidak terduga kepada kami, kami ber 5 cukup mengucapkan syukur dan berkata ALHAMDULILLAH akhirmya laporan HOME INDUSTRY kami dapat selesai tanpa ada halangan sedikit pun.

Comments

Popular posts from this blog

Melody & Chord Gitar : Wali Band - Yank

Intro : 4.6 3.6 3.6 2.5 2.9 2.7 2.5 2.7 2.5 2.4 2.4 2.5 2.7 2.5 2.4 2.2 2.9 2.7 2.5 2.4 2.5 2.4 2.5 3.6 2.4 2.5 3.6 3.6 2.5 2.9 2.7 2.5 2.7 2.5 2.4 2.7 2.7 2.5 2.4 2.5 2.4 2.5 3.6 2.7 2.5 2.4 2.2 2.0 2.2 F#m C#m yang.....coba kau jujur padaku F#m C#m yang.....foto siapa di dompetmu F#m C#m yang.....kok kamu diam begitu F#m G# sa..yang.. jawab atau aku pergi sayang Reff : C#m aku tak mau bicara B sebelum kau cerita semua F#m apa maumu siapa dirinya G# tak betah bila ada yang lain C#m jangan hubungi aku lagi B ini bisa jadi yang terakhir F#m aku ngerti kamu kau tak ngerti aku G# sekarang atau tak selamanya C#m B A B C#m F#m C#m yang....jangan kira aku tak tahu F#m C#m yang....tak mudah kau bodohiku F#m C#m yang....tolong dengarkanlah aku F#m

Chord & Tab Gitar : Mujhse Dosti Karoge

Chord & Tab Gitar : Mujhse Dosti Karoge - Mujhse Dosti Karoge Intro : e-3-5-6--3-5-6--3-5-3/1------- B------------------------------ G------------------------------ D------------------------------ A------------------------------ E------------------------------ e-1-3-5--1-3-5--1-6-5-3-3----- B------------------------------ G------------------------------ D------------------------------ A------------------------------ E------------------------------ Strum G major Few times..(listen to da song) Strum G, F, and G major few times (listen to da song) song starts.... G.....................................F.... keh do ki tum mere dil mein rahoge F.....................................G.... keh do ki tum mujhse dosti karoge repeat 2X C............G............F..................G.... .. Dekhungi, sochungi, kal parso kuch kahungi

Download lagu Maher Zain ( lengkap )

Songs Song Name Duration Listen Send Download Allah Allah Kiya Karo 5:14 Always Be There 4:27 Awaken 3:43 Baraka Allah Lakuma 4:30 For The Rest Of My Life tefahits 3:54 Hold My Hand 4:06 Inshallah 4:27 Open Your Eyes 4:27 Palestine Will Be Free 4:56 Subhana Allah 4:55 Thank You Allah 5:31 Thank You Allah _ Remix 5:28 The Chosen One 3:54 Ya Nabi Salam Alayka 4:59 Ya Nabi _ Remix 4:59 Song Name Duration Listen Send Download Assalamu Alayka 4:14 Assalamu Alayka - Arabic Version 4:15 Forgive Me 3:52 Freedom 3:42 Guide Me All The Way 5:02 I Love You So 4:36 Masha Allah 3:60 Mawlaya 4:52 Mawlaya - Arabic Version 4:54 Muhammad (pbuh) 4:38 My Little Girl 4:33 Number One For